Senin, 25 Februari 2013

Bagaimana Menggiring Bola Basket (Dribble) Secara Crossover

Bagaimana Menggiring Bola Basket (Dribble) Secara Crossover

Dalam bola basket, crossover menggiring bola adalah teknik yang digunakan oleh pemain untuk membingungkan pemain lawan. Pemutar dribbling bola akan menyesatkan pembela mengira bahwa ia adalah dribbling bola terhadap satu arah, tetapi kemudian tiba-tiba beralih ke arah yang berlawanan, dengan bola di sisi lain, maka Palang.
Langkah ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, jika pemain tidak mengantisipasi salib, maka pemain dribbling bola dapat dengan mudah melewatinya, dan mungkin mendorong bola cincin, atau menularkannya kepada pemain lain yang terbuka. Kedua, jika pembela mendapatkan bingung, ia mungkin kehilangan keseimbangan, dan mungkin jatuh, memberikan pemain dribbling pembuka.
Crossover dribbling akan memerlukan banyak latihan. Khususnya, pemain akan perlu untuk praktek kemampuan dribbling bola dengan baik tangan, dan tidak hanya salah satu yang dominan.
Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan crossover menggiring bola di basket.

  • Mulailah dengan dribbling bola dengan tangan Anda aktif. Sebagai contoh, jika Anda tepat diberikan, maka Anda harus menjadi dribbling bola di sisi kanan Anda. Menentang sikap Anda bek, dengan tubuh Anda menyediakan penutup untuk bola.
  • Langkah menuju satu arah dengan kaki kiri. Kemudian mengikuti dengan kaki kanan kami. Sebagai contoh, mengambil langkah menuju kanan, menggunakan kaki kiri kemudian kaki kanan.
  • Menggunakan “kepala palsu.” ini berarti bahwa Anda harus menghadapi kepala Anda menuju arah yang jelas kamu melangkah.
  • Dengan gerakan tiba-tiba, bergerak menuju arah lain, dribbling bola dengan tangan non-dominan. Anda hanya melakukan crossover dribble.
Tips dan trik
  • Membuat Anda bergerak ketika pembela sudah condong ke arah satu arah. Dengan cara ini, ia akan memiliki waktu lebih sulit yang membuat cerdas. Pada saat ia menyadari Anda bergerak di arah yang berlawanan, Anda akan sudah mampu melakukan crossover. Dalam beberapa kasus, lawan bahkan mungkin perjalanan pada dirinya sendiri yang mencoba untuk mengubah arah. Ini disebut crossover pemecah pergelangan kaki.
Varian
Selain biasa crossover menggiring bola, beberapa varian telah dikembangkan, beberapa di antaranya benar-benar dipopulerkan oleh pemain NBA yang dikenal.
  • Crossover setengah – dalam langkah ini, pemain yang dribbling bola akan dengan cepat membawa bola dari satu sisi tubuhnya yang lain sementara bola di dadanya. Pindahkan dilakukan membuat palsu terhadap satu arah, tapi benar-benar akan menuju arah yang berlawanan.
  • Pembunuh crossover – dalam langkah ini, bola dikirim ke sisi lain di antara kaki sendiri. Dalam beberapa kasus, bola dapat bahkan mengalir di kaki bek.
  • Di belakang punggung – dalam langkah ini, bola ini mengalir di seluruh pemain kembali. Satu variasi adalah wrap-around, di mana pemain meraih bola dari udara, dan menyapu dalam satu gerakan melalui kembali ke sisi lain.
  • Double crossover – ini adalah dribbles crossover yang pada dasarnya dua dilakukan secara berurutan. Ini dapat dilakukan bukan untuk membebaskan diri dari penjaga, melainkan untuk mengacaukan pengawal dan mungkin membuatnya kehilangan keseimbangan.

 

0 komentar:

Posting Komentar